Selasa, 16 Juli 2013

Contoh Freight Forwarder

 
Freight forwarder dapat dikatakan sebagai kunci perantara yang terlibat dalam transportasi barang (cargo) dari titik asal (origin) ketitik tujuan (destination) melalui laut maupun udara dengan menggunakan setidaknya 2 jenis alat transportasi ( multimoda transportasi ). Freight forwarder menjadi sangatlah penting peran sertanya dalam arus laju perekonomian dunia khususnya Indonesia.
 
Di Indonesia sendiri perusahaan freight forwarder mulai ada sejak pertengahan tahun 70-an tepatnya tahun 1977-1978 dimana perusahaan freight forwarding nasional yang secara mandiri melakukan kegiatan jasa freight forwarding. Tanggal 16 Juli 1980 Direktorat Jendral perdagangan Luar negeri – Departement perdagangan ( Dirjen, Deplu , Deperdag ) memberikan ijin operasi kepada 15 perusahaan  freight forwarding di Indonesia.
 
Seiring dengan bertumbuhan perusahaan freight forwarder yang semakin pesat, maka didirikanlah GAFEKSI (INFA) yang resmi di akui pemerintah RI yang beranggotakan 60 perusahaan  freight forwarding yang tersebar di Indonesia yang pada akhirnya diakui sah sebagai anggota FIATA pada tahun 1981.
 
Sampai akhir tahun 2012 tercatat lebih dari 170 perusahaan freight forwarder yang ada di Indonesia. Salah satu perusahaan freight forwarder yang sudah berdiri sejak lama di Indonesia ialah PT. Freight Express yang telah beroperasi sejak tahun 1989 yang tersebar di 14 kota di Indonesia ( Jakarta, Surabaya, Semarang, Medan, Cirebon, Denpasar, Jepara. Yogyakarta, Bandung, Solo, Lombok, Palembang, Samarinda, Makasar). Perusahaan yang akan merayakan ulang tahun ke-25 di tahun depan (2014) ini memiliki agent yang terpercaya, kompeten dan service yang memuaskan.
 
.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar